fbpx
  • 00Hari
  • 00Jam
  • 00Menit
  • 00Detik

7 Pertanyaan Ini Membantumu Menemukan Ide Hebat

Dari mana datangnya ide hebat? Apakah menemukan ide hebat cukup dengan melamun dan melakukan perenungan mendalam dan tiba-tiba bertemu dengan Eureka atau AHA moment? Ternyata tidak.

Ide yang hebat tidaklah datang dengan hanya sekedar melamun, merenung di dalam kamar sunyi kita. Lantas dari mana datangnya ide hebat?

Steven Johnson, penulis Where Good Ideas Come From, punya jawaban unik tentang dari mana datangnya ide hebat.

Jawaban versi pendeknya, ide itu datang ketika kita mengobrol santai dengan teman atau kolega di kedai kopi. Kalau jawaban versi panjangnya adalah ide datang lewat tujuh hal yang bisa Anda temukan dengan menjawab tujuh pertanyaan ini.

Penasaran apa sajakah tujuh pertanyaan itu? Mari simak hingga tuntas!

Baca Juga : Strategi Pengembangan Produk Inovatif dengan Metode Scamper

Miskonsepsi tentang Proses Menemukan Ide Hebat

Masih ingat cerita tentang Isaac Newton dan Eureka moment-nya?

Sedikit mengingat cerita itu, ketika Isaac Newton sedang duduk merenung di bawah pohon apel dan tiba-tiba apelnya jatuh. Seketika muncul Eureka moment hukum tarik-menarik gravitasi.

Apakah Isaac Newton tiba-tiba langsung kepikiran ide mengenai teori gravitasi? Ternyata inilah yang banyak menjadi kesalahpahaman dalam menemukan ide.

Banyak orang mengira ide datang jika kita merenung dan mencari tempat untuk menemukan ilham. Padahal dari cerita Isaac Newton yang sebenarnya kita tahu bahwa hukum tarik-menarik gravitasi tak langsung tiba-tiba muncul seketika apel tersebut jatuh.

Sebelum Isaac Newton duduk merenung di bawah pohon apel, ia telah berkutat dengan penelitian, perhitungan, dan rumus terkait fenomena gerak melingkar dan gaya sentrifugal.

Daru cerita Isaac Newton kita bisa paham bahwa ide hebat itu tidak bisa datang secara tiba-tiba.

Steven Johnson dalam bukunya pun membenarkan bahwa ide hebat tak datang ketika kita merenung sendirian seperti di laboratorium atau di depan mikroskop. Justru ide hebat datang ketika kita sedang berkumpul bersama orang-orang yang memiliki pemikiran, sudut pandang, keahlian, dan latar belakang yang berbeda.

Ide hebat pun tak datang dalam sekejap, ide hebat butuh waktu inkubasi yang tak sebentar, kadang bulanan bahkan tahunan.

Seperti kisah penemuan World Wide Web oleh tim Berners-Lee. Tim Berners-lee telah melakukan proyek ini selama 10 tahun.

Ketika memulainya ia tak memiliki visi yang lengkap tentang media ini. Ia pun mulai mengadakan proyek sampingan untuk membantunya dalam mengatur datanya.

Namun, setelah berjalan sepuluh tahun ia memutuskan untuk menghentikan proyek tersebut, akan tetapi visinya tentang world wide web tidak hilang sampai 10 tahun kemudian hingga akhirnya menjadi platform besar seperti sekarang ini.

Baca Juga: Mengapa Perusahaan Perlu Menggunakan Agile di Tahun 2021?

Tujuh Pertanyaan untuk Menemukan Ide Hebat

Ide bagus dan hebat berasal dari ide kecil yang bertemu dengan ide-ide lainnya. Ide-ide lainnya tersebut berasal dari pikiran setiap orang.

Menurut Steven Johnson, ide hebat muncul dari pikiran yang saling terhubung satu sama lain. Artinya bahwa ide hebat tak hanya muncul sendirian saja.

Steven Johnson mengatakan bahwa ide-ide hebat bisa ditemukan dengan tujuh prinsip yang diformulasikan dalam tujuh pertanyaan dan bisa Anda tanyakan kepada diri Anda atau pun rekan-rekan Anda.

Berikut inilah tujuh pertanyaan tersebut:

  1. Kemungkinan apakah yang bisa terjadi di masa sekarang dan tidak pernah terjadi di tahun sebelumnya?
  2. Hal apa yang berjalan dengan baik dan mengejutkan kita?
  3. Apa pembelajaran terbesar dari kesalahan besar yang kita lakukan?
  4. Kesuksesan besar apakah yang bisa kita bangun?
  5. Dapatkah produk atau layanan kita digunakan untuk tujuan lain?
  6. Apa dugaan atau asumsi Anda selama beberapa waktu tentang apa yang harus dilakukan?
  7. Hal apa yang kiranya harus kamu lakukan sesuai pengamatanmu?

Baca Juga: Apa itu Agile dan Bagaimana Perusahaan Bisa Bertransformasi Lebih Cepat dan Produktif Dengannya

Sudah Siapkah Kamu untuk Menemukan Ide Hebat?

Jika selama ini Anda bertanya-tanya dari mana ide hebat berasal maka tujuh pertanyaan di atas sangat membantu untuk menemukan ide hebat tersebut.

Jawablah tujuh pertanyaan di atas bersama dengan rekan-rekan atau tim Anda. Karena sebagaimana dikatakan Steven Johnson cara kerja penemuan ide hebat itu layaknya bagaimana jaringan dalam otak kita saling terhubung.

Jika Anda ingin bertemu dengan orang-orang dengan latar belakang berbeda, Anda bisa menemukannya di Ekipa+ dimana Anda akan bertemu bersama agile practitioner dan agile enthusiast dalam sebuah forum daring untuk mendapatkan ide-ide dan insight-insight baru.

Selamat berproses menemukan ide hebat Anda!

Mendefinisikan Ulang Makna Inovasi

Orang selalu melihat inovasi sebagai sebuah hal yang “wah”, entah teknologi terbaru, gadget terbaru, ide paling brilian. Padahal makna inovasi tak sepenuhnya seperti itu. Lantas

Read More »
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Open chat