fbpx

Growth Mindset, Mindset-Nya Entrepreneur Sukses

Ekipa.co – Ketika manusia berhadapan dengan satu tantangan yang sama, mengapa mereka memiliki respon berbeda terhadap tantangan tersebut? Jawabannya adalah karena mereka punya filter di pikiran mereka yang berbeda satu sama lain. Salah satu filter yang membedakan entrepreneur sukses dengan orang kebanyakan adalah growth mindset.

Dalam ilmu NLP (Neuro Languistic Programming), sebuah ilmu yang membedah bagaimana cara orang berpikir, menjelaskan bahwa kejadian atau peristiwa dalam hidup manusia boleh jadi sama. Namun, setiap orang punya cara merespon yang berbeda.

Mengapa seperti itu? Karena ketika seseorang menyerap informasi yang berada di luar dirinya maka sebelum masuk ke dalam pikiran akan difilter dulu. Filter-filter itu bisa berupa value, keyakinan, sudut pandang.

Setelah informasi tersebut difilter, maka akan diolah dalam pikiran. Apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi perasaan. Perasaan yang terbentuk akan menentukan bagaimana kondisi fisiologis hingga ke perilaku kita.

Dari alur tersebut, kita jadi paham seberapa pentingnya mindset. Cara berpikir kita akan menentukan bagaimana kita di masa depan.

Salah satu kunci sukses para entrepreneur adalah mereka memiliki dan terus mengembangkan growth mindset.

Baca Juga: 7 Mitos Entrepreneur yang Membuat Anda Tak Segera Memulai Bisnis

Apa Itu Growth Mindset?

Carol Dweck, Profesor Psikologi dari Stanford University, memperkenalkan istilah growth mindset melalui bukunya yang berjudul “Mindset: Changing The Way You Think to Fulfill Your Potential”.

Buku karya Carol Dweck menjadi buku yang laris di pasaran karena memperkenalkan istilah growth mindset yang berbasis saintifik.

Pengertian growth mindset adalah sebuah pemikiran bahwa kecerdasan dan kemampuan dalam diri seseorang bisa berkembang seiring dengan kerja keras yang ia lakukan.

Dalam konsep growth mindset, ketika seseorang mengalami kesulitan dalam hal tertentu bukan berarti ia tidak memiliki kecerdasan dalam bidang tersebut. Justru kesulitan adalah momen “belum” bagi seseorang untuk memacunya mempelajari hal tersebut.

Konsep growth mindset mempercayai bahwa setiap orang memiliki serangkaian kecerdasan dan otak pun dapat berkembang layaknya otot seiring berapa banyak latihan yang telah kita lakukan.

Baca Juga: 5 Karakter yang Dibutuhkan untuk Membangun Tim yang Agile

Pentingnya Growth Mindset bagi Seorang Entrepreneur

Hal yang terpenting dalam sebuah inovasi atau entrepreneurship adalah kemampuan seseorang untuk melihat dunia dengan sudut pandang yang lain.

Hampir semua permasalahan yang terjadi di dunia punya inti masalah yang sama. Namun, mengapa dari inti masalah yang sama muncul berbagai inovasi hebat yang berbeda? Jawabannya adalah karena mereka memiliki pola pikir terus bertumbuh dalam melihat permasalahan tersebut.

Seorang yang bercita-cita ingin menjadi seorang entrepreneur sukses harus memiliki growth mindset. Mengapa? Karena perjalanan menjadi seorang entrepreneur sukses adalah perjalanan panjang penuh pembelajaran.

Hugo Messer, Founder Ekipa, mengatakan bahwa entrepreneurship adalah perjalanan dari satu masalah ke masalah lainnnya.

Semakin bisnis seorang entrepreneur berkembang, masalah pun semakin berkembang. Entah masalah seperti susah mendapatkan klien, karyawan yang kurang memberikan kinerja maksimal, disrupsi pandemi, dan banyak masalah lainnya.

Apa jadinya bila dalam perjalanan panjang ini, seorang entrepreneur tidak memiliki growth mindset? Gampang ditebak! Sekali mereka bertemu dengan hambatan maka mereka akan berhenti dan mengatakan bahwa mereka tidak memiliki kecerdasan di bidang entrepreneur.

Pola pikir bertumbuh membuat orang memandang kesulitan sebagai sebuah peluang pembelajaran yang sangat berharga. Pertanyaan yang selalu muncul ketika menghadapi kesulitan adalah, “Apa yang bisa saya lakukan untuk menangani kesulitan ini?”

Bagi Anda yang ingin menjadi entrepreneur sukses, Anda perlu menjadikan pola pikir bertumbuh ini sebagai sebuah kebiasaan bahkan cara berpikir yang terus melekat.

Pola pikir pengusaha ini akan membantu Anda bertahan dalam sehebat apapun badai tantangan di usaha Anda.

Baca Juga: Beginilah Cara Agile Coach Hadapi Tantangan

Ciri-ciri Growth Mindset

Seperti apa orang yang memiliki pola pikir pengusaha ini? Berikut ini beberapa ciri-ciri growth mindset yang perlu Anda miliki dalam diri Anda, atau memang Anda sudah memilikinya? Mari kita cek bersama-sama!

1. Suka Belajar Hal Baru

Orang dengan growth mindset percaya bahwa kecerdasan personal dapat dikembangkan dengan latihan-latihan.

Sehingga mereka akan terpacu untuk belajar hal-hal baru yang membuat mereka tertantang. Dengan belajar hal baru mereka akan mendapatkan perspektif baru yang bisa melatih syaraf-syaraf kecerdasan dalam otaknya.

2. Bersemangat dalam Menghadapi Tantangan

Dalam hidup ketika seseorang bertemu dengan tantangan maka mereka akan berhadapan dengan pilihan “Fight or Flight”. Hadapi masalahnya atau lari dari masalah tersebut.

Orang yang memiliki growth mindset akan bersemangat ketika menghadapi tantangan. Karena dengan menghadapi tantangan tersebut, ia akan belajar banyak hal dan meningkatkan kecerdasan dan ketahanan dirinya.

3. Menyukai Feedback

Salah satu fakta yang sering terjadi dalam kehidupan adalah orang tidak menyukai adanya kritik. Kritik membuat hidup mereka seolah menjadi buruk.

Berbeda dengan seorang yang memiliki growth mindset. Mereka justru menyukai kritikan atau feedback yang membangun. Bahkan terkadang mereka memintanya langsung kepada orang lain.

Feedback yang mereka dapatkan dari orang lain akan membantunya untuk belajar memperbaiki diri dan menjadi orang yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Berencana Start Agile? Kamu Wajib Baca 2 Buku Agile Ini!

4. Ikut Senang Ketika Seseorang Sukses

Ciri lainnya yang menggambarkan seseorang memiliki pola pikir pengusaha adalah mereka selalu ikut senang atas kesuksesan atau pencapaian orang lain.

Mereka tidak merasa terintimidasi dengan kesuksesan orang lain. Kesuksesan orang lain justru membuat mereka semakin termotivasi.

5. Menjadi Seorang Problem Solver

Apa yang akan Anda lakukan ketika melihat sampah yang tergeletak sembarangan di badan jalan?

Apakah Anda akan menggerutu dan mencari siapa yang sudah membuang sampah tersebut?

Ataukah Anda akan berpikir tentang apa yang bisa Anda lakukan dengan sampah tersebut?

Jika Anda adalah tipikal orang yang kedua maka selamat bahwa Anda telah memiliki growth mindset dalam diri Anda.

Seseorang yang memiliki pola pikir seorang pengusaha ini akan selalu menjadi seorang yang berani memecahkan masalah ketimbang menggerutu atau mengeluhkan masalah.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis dari Nol dalam 7 Hari

Contoh Growth Mindset

Ada satu cerita menarik dari Carol Dweck ketika memberikan tantangan kepada anak-anak usia sepuluh tahun.

Carol Dweck memberikan anak-anak usia sepuluh tahun tersebut kesulitan-kesulitan dengan level yang lebih tinggi dibanding kesulitan seorang anak.

Beberapa anak ternyata mengatakan,

“Wah, aku suka tantangan.” Mereka menunjukkan wajah yang gembira dan semangat.

“Wah, ini menarik pasti akan ada hal informatif.”

Anak-anak yang mengatakan kalimat tersebut adalah anak-anak yang memiliki growth mindset.

Mereka percaya bahwa mereka bisa melalui tantangan tersebut dengan kerja keras.

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif yang Dibutuhkan Pasar

Ingin Melatih Growth Mindset Dalam Diri Anda?

Anda sudah bertekad untuk menjadi entrepreneur sukses, tapi masih belum konsisten melatih growth mindset dalam diri Anda?

Tenang, selalu ada jalan bagi Anda yang punya kemauan.

Ekipa baru saja membuat course terbaru: Agile Habits Course & Challenge untuk melatih Anda bisa memiliki growth mindset.

Dalam course tersebut ada 7 Days Agile Habits Challenge yang bisa Anda ikuti untuk terus konsisten melatih pola pikir positif Anda.

Jangan lupa untuk ikut tantangannya ya!

  • 00Days
  • 00Hours
  • 00Minutes
  • 00Second
  • 00Days
  • 00Hours
  • 00Minutes
  • 00Second
Need help? Talk to us