fbpx
  • 00Hari
  • 00Jam
  • 00Menit
  • 00Detik
  • 00Hari
  • 00Jam
  • 00Menit
  • 00Detik

Download Scrum Guide 2020 Bahasa Indonesia Terbaru

Scrum-Guide-2020-Bahasa-Indonesia

Scrum Guide 2020 telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa termasuk bahasa Indonesia. Scrum Guide 2020 diperbaharui oleh Ken Schwaber dan Jeff Sutterland pada bulan November 2020.

Akhir-akhir ini penggunaan Scrum tak terbatas pada pengembangan produk perangkat lunak. Awalnya Scrum hanya digunakan dalam pengembangan produk perangkat lunak saja.

Kini Scrum diadopsi di banyak bagian yang memiliki pekerjaan kompleks. Sehingga adanya Scrum Guide versi terbaru ini mampu membantu mereka yang bukan berasal dari bagian produk perangkat lunak untuk bisa memahami Scrum.

Scrum adalah kerangka kerja ringan yang membantu orang, tim, dan organisasi untuk menghasilkan nilai melalui solusi adaptif untuk masalah yang kompleks. Itulah definisi yang dijelaskan dalam panduan Scrum 2020.

Scrum sendiri telah dikembangkan oleh Ken Schwaber dan Jeff Sutterland pada awal tahun 1990-an. Sedangkan panduan Scrum pertama kali mereka tuliskan pada tahun 2010.

Dari awal tahun penulisan panduan Scrum sudah ada lima kali revisi yakni pada tahun 2011, 2013, 2016, 2017, dan 2020.

Sejarah Penulisan Panduan Scrum

Ternyata penulisan panduan Scrum ini ada ceritanya, lho. Jadi, pada tahun 1995 Ken Schwaber dan Jeff Shutterland mempresentasikan apa itu Scrum di acara konferensi OOPSLA.

OOPSLA adalah konferensi tahunan yang membahas topik-topik yang berkaitan dengan sistem, bahasa, dan aplikasi pemrograman berorientasi objek.

Presentasi yang dipaparkan adalah dokumentasi dari proses pembelajaran dari pengembangan Scrum yang telah dilakukan oleh keduanya pada tahun-tahun sebelumnya. Dalam presentasi tersebut juga diumumkan definisi formal pertama dari Scrum itu sendiri.

Pada intinya panduan Scrum berisikan dokumentasi pembelajaran tentang bagaimana Scrum dikembangkan, berkembang, dan dipertahankan sampai 30 tahun lamanya oleh Ken Schwaber dan Jeff Sutterland.

Terdapat juga sumber lain yang menambah pola, proses, dan wawasan yang melengkapi kerangka kerja Scrum. Efek positifnya adalah hal-hal tersebut meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kepuasan.

Unduh Panduan Scrum atau Scrum Guide 2020 Bahasa Indonesia Di Sini!

Panduan Scrum ini ditulis dengan cukup ringkas sehingga bisa habis dibaca dengan sekali duduk. Anda bisa mengunduh panduan Scrum 2020 bahasa Indonesia berikut ini. Panduan Scrum ini diterbitkan oleh Scrumguides.org dan diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Selamat membaca!

Download Scrum Guide 2020 Bahasa Indonesia di sini.

Sumber: 2020 Scrum Guide Indonesian (Scrumguides.org)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Open chat