fbpx

7 Manfaat Gabung Komunitas Agile Untuk Kesuksesan Karirmu

Manfaat Gabung Komunitas Agile

Sobat Agile, pernahkah kamu bingung tentang penerapan Agile? Ingin diskusi tapi tidak punya partner yang tepat? Kayaknya kamu perlu masuk di komunitas Agile, nih. Ada berbagai manfaat gabung komunitas Agile yang akan kamu dapatkan.

Layaknya komunitas lainnya, komunitas Agile ini akan mempertemukanmu dengan orang-orang yang punya minat sama tentang Agile.

Lewat tulisan ini kamu akan menjadi lebih semangat untuk bergabung dengan komunitas Agile.

Manfaat Gabung Komunitas Agile

Manfaat bergabung dalam komunitas Agile
Photo by tribesh kayastha on Unsplash

Apa sih enaknya bergabung dengan komunitas Agile? Mungkin kamu bertanya demikian apalagi selama ini sudah sibuk dengan urusan pekerjaan. Mana sempat?

Eh, tunggu dulu, masa iya kamu tidak ingin dapat pengalaman lebih dengan menjadi anggota komunitas? Komunitas itu berbeda dengan organisasi formal lainnya, jadi santai saja.

Nah, inilah manfaat bergabung dengan komunitas Agile yang akan kamu rasakan manfaatnya.

1. Memperluas Networking dengan Para Agile Practitioners

Komunitas Agile ini akan mempertemukan kamu dengan orang-orang yang menaruh minat sama terhadap Agile. Kamu bisa bertemu para Agile practitioners atau Agile enthusiast dari berbagai macam latar belakang pekerjaan.

Dengan bergabung bersama komunitas Agile, kamu bisa menambah jaringan pertemanan yang satu frekuensi dengan kamu. Rasanya punya teman-teman satu frekuensi itu rasanya menyenangkan, lho.

Dengan memperluas jaringan pertemanan, secara tidak langsung kamu juga memperluas sudut pandang kamu terhadap Agile.

2. Lebih Cepat Update Tentang Issue Agile

Dimana biasanya kamu mendapat kabar terbaru tentang hal yang kamu sukai? Dari beritakah? Dari sosial mediakah?

Rata-rata kita akan cepat dapat update issue terbaru tentang topik-topik tertentu bila kita bergabung dengan komunitas. Kalau kamu bergabung dengan komunitas Agile maka kamu akan lebih cepat mendapatkan update info seputar Agile dan hal-hal yang berkaitan.

Asyik, bukan? Kamu jadi tidak ketinggalan zaman, deh, jadinya.

3. Bisa Menemukan Mentor Agile atau Agile Coach yang Kamu Butuhkan

Rasanya punya mentor itu ibarat kita punya Google yang siap menjawab segala rasa penasaran kita. Kalau kita punya mentor maka kita akan bisa belajar lebih cepat tentang suatu hal.

Kita sudah tidak perlu trial and error untuk mencoba sesuatu. Cukup mengambil hikmah kegagalan yang pernah dialami oleh sang mentor. Jadi, kita bisa melesat lebih cepat.

Nah, kalau kamu bergabung dengan komunitas Agile maka kamu akan semakin mudah menemukan mentor yang akan membantumu. Karena selama ini banyak yang tahu pentingnya memiliki mentor, tapi bingung untuk mencarinya dimana.

Kamu tidak perlu bingung lagi kalau sudah bergabung di komunitas Agile. Ada banyak orang dengan level pemahaman Agile yang berbeda, mungkin bahkan ada yang sudah merupakan Agile coach.

Kuncinya tinggal bagaimana cara kamu untuk melakukan pendekatan terhadap mereka dan membuat mereka mau menjadi mentormu.

4. Punya Teman Diskusi Agile yang Asyik

Bergabung di sebuah komunitas berarti bertemu dengan orang-orang yang punya minat sama. Apabila kita bertemu dengan orang yang punya minat yang sama maka percakapan pun menjadi lebih mengasyikkan dan nyambung satu sama lain.

Kita pun bisa dengan nyaman mengutarakan pendapat atau pandangan kita tentang suatu hal. Nah, dengan bergabung di komunitas Agile kamu bisa mengutarakan pendapat, bertanya pada sesama Agile enthusiast atau bahkan Agile coach.

5. Akses Luas dan Eksklusif ke Berbagai Resources

Hal lain yang akan kamu dapatkan ketika bergabung dengan komunitas Agile adalah kamu punya akses luas bahkan ekslusif ke berbagai resources.

Eh, maksudnya bagaimana?

Pertemuan dengan orang-orang baru di komunitas bisa memberikan kesempatan-kesempatan baru. Entah kesempatan belajar tentang Agile lebih dalam lagi, kesempatan menemukan mentor, kolaborasi proyek, update info terbaru tentang tools-tools Agile dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Cara Asyik Belajar Agile dan Scrum

6. Dapat Priviledge Tahu Event Exclusive Seputar Agile

Dari mana kamu mendapatkan info tentang event seputar Agile? Tentunya info tentang event Agile dibagikan oleh orang-orang yang menyukai topik Agile.

Nah, kalau kamu ada di sebuah komunitas Agile maka kamu tidak perlu takut ketinggalan info tentang event terbaru seputar Agile. Bahkan di komunitas Agile kamu bisa mendapatkan priviledge ikut acara-acara sharing dan meet up bersama para Agile coach, scrum master, bahkan CEO, lho.

7. Keuntungan Finansial

Apa maksudnya keuntungan finansial? Nah, maksudnya manfaat keuntungan finansial ini adalah kamu bisa loh memperoleh kesempatan mendapatkan penghasilan dengan berkomunitas.

Bagaimana ceritanya?

Tentu banyak macam caranya. Misalnya kamu berkolaborasi proyek dengan rekan satu komunitas. Kasus lainnya misalnya kamu sudah punya keilmuan tentang Agile dan Scrum yang mumpuni trus diminta menjadi Agile Coach atau scrum master di perusahaan rekan satu komunitas dan masih banyak cara lainnya.

Komunitas Agile yang Ada di Indonesia

Komunitas Agile
Photo by Austin Distel on Unsplash

Setelah kamu tahu tujuh manfaat gabung komunitas Agile, kamu jadi tidak sabar ya untuk ikutan komunitas Agile?

Sabar-sabar, kita kenalan dulu yuk dengan komunitas Agile yang ada di Indonesia. Komunitas Agile yang akan dibahas di sini adalah komunitas Agile terbesar di Indonesia.

Fakta uniknya adalah komunitas Agile terbesar di Indonesia ini dipelopori oleh Ekipa, lho. Karena Ekipa punya misi besar untuk menyebarkan Agile spark kepada sebanyak mungkin orang.

Oke, tanpa berlama-lama mari kita berkenalan dengan komunitas Agile terbesar di Indonesia.

1. Agile Circles Indonesia

Agile circles Indonesia adalah komunitas Agile yang bertujuan untuk membantu para Agile enthusiast dalam pertumbuhan Agile dengan lingkungan belajar yang positif.

Agile Circles Indonesia termasuk komunitas Agile terbesar di Indonesia. Komunitas ini sudah ada semenjak tahun 2016 dan dinisiasi oleh Ekipa.

Apa saja kegiatan komunitas ini? Agile Circles Indonesia memberikan ruang kepada anggotanya untuk berdiskusi, berbagi pengetahuan & pengalaman, serta ada acara meet up komunitas.

Biasanya ketika ada acara meet up komunitas maka akan mengundang pembicara-pembicara Agile professional. Kamu tak akan ditarik biaya untuk mengikuti acara meet up yang diisi dengan webinar gratis.

Wah, menarik bukan? Jadi semakin penasaran, ya. Ayo segera gabung menjadi anggota komunitas Agile Circles Indonesia.

2. Ekipa+

Apa itu Ekipa+? Ekipa+ adalah wadah untuk kamu

Ekipa+ adalah platform/wadah untuk kamu dapat meningkatkan potensi diri dan karir juga sebagai your personal development buddy. Ekipa+ akan menghubungkan kamu dengan agile practitioners dan seluruh pemegang sertifikasi agile, scrum, dan product owner terbesar di Indonesia.

Dengan menjadi member Ekipa+, kamu akan memiliki kesempatan belajar untuk meningkatkan potensi diri melalui pengalaman belajar yang nyata.

Kamu akan meningkatkan karir agile-mu melalui 1 on 1 coaching dengan agile coach berpengalaman baik dari internal Ekipa maupun eksternal.

Apabila kamu menjadi member Ekipa+, kamu memiliki kesempatan untuk melakukan networking dengan seluruh anggota komunitas melalui event-event yang diadakan sebagai salah satu program keanggotaan. Serta dihubungkan secara langsung melalui exclusive forum yang hanya dapat diakses oleh pemegang Ekipa+ Subscriber.

Wah, menarik juga ya? Kalau kamu ingin dapat manfaat lebih, ayo gabung jadi member dan subscribe Ekipa+ ya.

Kesimpulan

Bergabung di sebuah komunitas Agile menjadi sarana akselerasi kita dalam belajar Agile, karena kamu tidak akan sendirian.

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dan yang terpenting adalah membangun networking. Semakin luas networking Agile kamu maka semakin besar juga potensi peluang-peluang yang akan kita dapatkan.

Nah, tertarik untuk bergabung di komunitas Agile? Kenapa tidak memulai dengan bergabung di Agile Circles Indonesia dan Ekipa+?

Semoga artikel tentang manfaat gabung komunitas Agile ini bermanfaat untuk kamu ya dan semakin memantapkan para sobat Agile untuk berkomunitas.

Bertransformasi dengan Beriterasi

Sekarang ini bertransformasi menjadi kunci bertahan sebuah perusahaan di masa pandemi. Ada yang menyebut transformasi yang dilakukan itu sebagai digital transformation atau agile transformation. Apapun

Read More »
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Open chat