fbpx

5 Ide Inovasi Bisnis Saat Perpanjangan PPKM Level 4

Masyarakat Indonesia dan pelaku usaha kembali menghela nafas panjang ketika pengumuman PPKM Level 4 diperpanjang. Periode PPKM Level 4 ini diperpanjang dari tanggal 3 Agustus 2021 sampai dengan 9 Agustus 2021.

Masyarakat harus memperluas lagi kesabarannya di tengah kesulitan mencari nafkah saat PPKM. Begitu juga pelaku usaha yang semakin harus mengkencangkan ikat pinggang dan memutar otak untuk terus berinovasi agar bisnisnya tetap berjalan lancar.

Terkhusus untuk pelaku usaha atau bisnis adanya PPKM ini menjadi tantangan yang luar biasa. Bila ingin terus bertahan maka bisnis harus melakukan inovasi menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Melalui artikel ini Ekipa akan memberikan inspirasi inovasi bisnis yang bisa pelaku bisnis lakukan saat PPKM level 4 diperpanjang. Simak sampai tuntas ya!

Baca Juga: 5 Perusahaan Perorangan yang Sukese Berinovasi

Apa Arti dari PPKM Level 1 sampai 4?

PPKM adalah kepanjangan dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. PPKM memiliki tingkatan yang berbeda dan dibedakan dengan kategori level yakni level 1 sampai dengan level 4.

Sebenarnya apa maksud dari setiap level PPKM tersebut?

Pembagian level PPKM tersebut didasarkan pada rekomendasi WHO tentang situasi dan kondisi virus COVID-19 di sebuah wilayah. Berikut ini indikator dari setiap level PPKM

Angka Kasus PositifAngka Pasien Rawat InapAngka Kematian
PPKM Level 1Kurang dari 20 orang per 100 ribu penduduk per mingguKurang dari 5 orang per 100 ribu penduduk per mingguKurang dari 1 orang per 100 ribu penduduk di wilayah tersebut
PPKM Level 2Antara 20 orang dan Kurang dari 50 orang per 100 ribu penduduk per mingguAntara 5 orang dan Kurang dari 10 orang per 100 ribu penduduk per mingguKurang dari 2 orang per 100 ribu penduduk di wilayah tersebut
PPKM Level 3Antara 50-150 orang per 100 ribu penduduk per mingguAntara 10-30 orang per 100 ribu penduduk per mingguAntara 2-5 orang per 100 ribu penduduk di wilayah tersebut
PPKM Level 4Lebih dari 150 orang per 100 ribu penduduk per mingguLebih dari 30 orang per 100 ribu penduduk per mingguLebih dari 5 orang per 100 ribu penduduk di wilayah tersebut

Aturan PPKM Level 4

PPKM Level 4 diperpanjang sampai tanggal 9 Agustus 2021, apa sajakah aturannya? Berikut ini aturan PPKM Level 4 yang perlu Anda ketahui agar bisa menyiapkan strategi bisnis selama PPKM berlangsung. Adapun aturan PPKM Level 4 adalah sebagai berikut:

SektorAturan Level 4
Esensial dan Kritikal50% WFO Essensial, 100% Kritikal
Non Esensial100% WFH
SekolahOnline/daring
Supermarket/toko kelontong/pasar tradisionalKapasitas 50% sampai jam 20.00
Pusat perbelanjaan malTutup
Restoran/Rumah Makan/Kafe/Warung makanTake away
Kegiatan sekolah/olahraga/budaya dan fasilitas umumTutup
Transportasi umumKapasitas 50%
Pelaku perjalananMenunjukkan kartu vaksin, PCR/Antigen

Inovasi Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat PPKM Level 4 Diperpanjang

Saat pemberlakuan PPKM ini memang membuat gerak bisnis menjadi terbatas, daya beli konsumen menurun. Namun, bukankah masih ada peluang yang tersedia agar bisnis terus bertahan?

Inovasi menjadi jawabannya. Inovasi tak harus selalu menggunakan metode berteknologi paling mutakhir. Inovasi bisa dimulai dengan memberikan solusi dari sebuah permasalahan dengan menggunakan sudut pandang yang berbeda.

Berbicara tentang inovasi juga erat kaitannya dengan ketangkasan (agility) dalam membaca kebutuhan konsumen dan peluang beserta pembelajaran apa saja yang patut dipelajari.

Mari kita bedah contoh inovasi bisnis yang bisa dilakukan saat perpanjangan PPKM Level 4 ini berlangsung.

Baca Juga: Apakah Organisasi Anda Sudah Siap Berinovasi?

1. Layanan Paket Catering Isoman

Aturan PPKM Level 4 membuat gerak usaha restoran ataupun hotel menjadi terbatas. Beruntung ada celah yang bisa digunakan agar restoran atau pun hotel untuk tetap memperoleh pemasukan.

Paket catering isoman yang ditujukan kepada mereka yang sedang menjalani isoman di rumah menjadi inovasi bisnis yang pihak restoran atau hotel lakukan. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Waringin Hospitality Hotel Group dengan menawarkan paket catering isoman mulai dari harga yang terjangkau yakni Rp35.000/pax konsumen bisa menyantap catering cita rasa hotel.

2. Armada Khusus Pasien COVID-19

Minimnya mobilitas saat PPKM Level 4 membuat usaha jasa transportasi memiliki tantangan tersendiri. Namun, lagi-lagi dengan melakukan inovasi yakni melihat dengan sudut pandang berbeda untuk masalah tertentu maka bisa ditemukan solusinya.

Seperti yang dilakukan oleh Bluebird Group yang meluncurkan unit armada khusus GoldenBird Special Care yang melayani masyarakat dengan kebutuhan mobilitas darurat.

Mobilitas darurat tersebut misalkan saat Anda membutuhkan pelayanan ekstra untuk pemeriksaan dan penyembuhan virus COVID-19. Armada khusus ini pun dikemudikan oleh pengemudi khusus sehingga membuat aman konsumen dalam perjalanannya.

3. Vaccine With A View

Tempat wisata menjadi salah satu dari sekian banyak unit usaha yang terdampak akibat perpanjangan PPKM level 4 ini. Namun, banyak jalan menuju roma maka begitu juga banyak jalan menghidupkan tempat wisata.

Seperti yang dilakukan oleh pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyulap tiga tempat wisata di sana menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ketiga tempat tersebut ada di Wunung Giri Sela Kandha (GSK), Banyumanik, dan Twenties Cafe. Selain sebagai inovasi percepatan vaksinasi, hal tersebut juga bisa disebut salah satu inovasi bisnis agar tempat wisata tersebut ada yang mengunjungi.

Baca Juga : Agile Software Development untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan

4. Program Olahraga Online

Studio olahraga atau fitness yang biasanya ramai saat situasi normal mendadak harus menutup aktivitasnya selama perpanjangan PPKM level 4 ini. Apakah berarti pengusaha studio olahraga atau fitness ini harus gulung tikar? Jawabannya tidak perlu kalau mereka mampu berinovasi.

Pengusaha studio olahraga atau fitness ini berinovasi dengan membuat kelas online lewat Zoom atau virtual meeting lainnya. Bagi pengusaha yang punya budget berlebih bisa membuat versi aplikasinya.

Seperti yang dilakukan oleh Active Barn Go yang meluncurkan aplikasinya pada tanggal 26 Maret 2021 lalu. Dalam aplikasi ini kita bisa mengikuti kelas virtual secara live, ikut challenge atau program virtual secara live, dan bisa memutar video on-demand yang bisa diputar kapan saja dan di mana saja.

5. Hybrid Festival

Penyelenggara event pun termasuk kena dampak dari perpanjangan PPKM level 4 ini. Namun, keterbatasan tak membuat ide jadi terbatas.

Ada inovasi baru di dunia event yakni adanya Hybrid festival yang merupakan perpaduan penyelenggaraan festival secara daring dan luring secara terbatas.

Hybrid festival inilah yang digunakan oleh Banyuwangi Festival (B-Fest) dengan total 102 event sepanjang tahun 2021 ini. Program Hybrid event ini tidak hanya sekedar menyiarkan kegiatan luring ke dalam media daring. Namun, memberikan pengalaman berbeda dengan mengintegrasikan konsep daring dan luring

Baca Juga: 7 Manfaat Coaching untuk Bisnis Anda

Ide Inovasi Bisnis Mana yang Akan Bisnis Anda Terapkan?

Itulah lima ide inovasi bisnis yang bisa Anda contoh atau jadikan inspirasi. Kondisi yang serba terbatas jangan sampai membuat inovasi kita menjadi terbatas pula.

Inovasi menjadi kunci penting untuk bisa bertahan bahkan menjadi lebih unggul dibandingkan kompetitor. Sudah siapkah Anda memulai inovasi dalam bisnis Anda?

Perjalanan memulai inovasi bukanlah hal yang mulus layaknya jalan tol. Memulai inovasi bak memasuki hutan rimba, kita perlu membuat jalan kita sendiri.

Namun, jangan takut untuk memulai transformasi, kalau Anda belum tahu dari mana harus memulainya maka Ekipa siap membersamai Anda memulai proses inovasi bersama para agile coach yang sudah tersertifikasi.

Apakah Anda sudah siap untuk memulai inovasi bisnis terlebih saat perpanjangan PPKM Level 4 ini?


Ingin memulai program inovasi di perusahaan Anda, tapi bingung mulai dari mana? Mari konsultasikan bisnis Anda bersama Ekipa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Open chat