fbpx

IPO GoTo: Cara Mengikuti Jejak Scale Up Gojek dan Tokopedia

Ekipa.co – Startup besar pertama di suatu negara adalah panutan bagi para entrepreneur di masa depan. Dalam lima tahun terakhir, Indonesia mengalami lonjakan besar dalam aktivitas startup. Dan beberapa dari mereka membuatnya sangat besar salah satunya adalah GoTo. IPO GoTo menjadi topik paling hangat dan menjadikannya startup ketiga yang melakukan scale up dan go public. 

Beberapa hari lalu founder Ekipa, Hugo Messer, mengadakan pertemuan dengan seorang pendiri startup muda. Dia telah membangun beberapa startup dalam beberapa tahun terakhir. Apa yang dia katakan kepada Hugo cukup menarik yakni bahwa ketika dia memulai startup pertamanya, mimpinya adalah menjadi seorang pendiri seperti Gojek atau Tokopedia.

Dia melihat kecepatan pertumbuhan, semangat kewirausahaan, dan ukuran peningkatan itu. Hari ini, setelah beberapa tahun pengalaman membangun startup, dia menyadari bahwa dia tidak ingin mengejar “jalan itu” lagi. Hugo pun berharap lebih banyak pengusaha akan berpikir seperti itu. 

Baca Juga: 3 Elemen Penting dalam Scale Up Bisnis Startup

Metode Scale Up Apa yang Harus Diikuti oleh Startup Agar Seperti IPO GoTO?

Hugo berharap lebih banyak pendiri yang menyadari bahwa ada cara lain untuk scale up bisnisnya daripada hanya berfokus dengan bagaimana mendapatkan dana dalam jumlah besar. 

Seperti halnya perusahaan tradisional, misalnya toko, perlu berinvestasi untuk memulai. Biasanya untuk membeli inventaris, membayar sewa, dan membuat toko atau aplikasi yang terlihat bagus. Setelah itu ada, mereka fokus pada menghasilkan pendapatan dan keuntungan. Keuntungan itu diinvestasikan dalam pertumbuhan mereka.

Ini adalah uang yang mendorong pertumbuhan secara berkelanjutan. Sumbernya adalah pasar, pelanggan yang menginginkan produk atau jasa ini. 

Sumber pertumbuhan atau kelangsungan hidup bukan hanya investor. Jika hanya mengandalkan investor saja maka bisa berpotensi membuat pertumbuhan startup lebih lambat meski tidak selalu, tetapi Hugo berpikir ada beberapa manfaat dari jalur scale up yang lebih organik ini:

  1. Sebagai seorang pengusaha, Anda bisa tidur nyenyak di malam hari.
  2. Fokus utama Anda harus membuat karyawan dan pelanggan Anda senang.
  3. Semua waktu yang dihemat untuk mengajukan investor dan memperbaruinya dapat digunakan untuk menambah nilai bagi pelanggan Anda.
  4. Anda memiliki kebebasan untuk membuat keputusan sendiri tanpa pertanggungjawaban kepada banyak pemegang saham yang ingin melihat ROI.
  5. Anda menyimpan sebagian besar saham yang berpotensi membawa lebih banyak kekayaan kepada Anda sebagai pendiri dibandingkan dengan beberapa persen yang Anda simpan dalam skala GoTo.
  6. Tidak ada landasan pacu yang berakhir di tebing tempat Anda jatuh saat uang investor mengering (seperti saat gelembung ini pecah).

Hugo percaya bahwa jalur pendanaan besar telah berhasil dan akan berhasil untuk beberapa startup. Hugo juga percaya bahwa A itu bukan jalan untuk semua orang dan B itu cukup sehat untuk fokus pada menghasilkan pendapatan dan keuntungan bukan hanya pangsa pasar saja. 

Hal-hal ekonomi tradisional yang sangat membosankan, tetapi banyak prinsip yang sudah diketahui nenek moyang kita masih berlaku. 

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis dari Nol dalam 7 Hari

Scaling Up Flywheel

Hugo telah menggunakan metode scale up selama beberapa dekade terakhir di perusahaannya sendiri dan dalam mendukung scale up perusahaan lainnya. 

Banyak pengusaha telah menggunakan metode ini untuk membangun perusahaan yang sangat sukses dan kekayaan besar. Siklus pertumbuhan yang mendorong program scale up terlihat seperti ini:

Orang yang tepat di perusahaan (PEOPLE), melakukan hal yang benar (STRATEGY) dengan cara yang benar (EXECUTION) menghasilkan keuntungan (CASH) yang kemudian digunakan untuk mempekerjakan lebih banyak orang dan lebih baik, dan siklus terus berlanjut. 

Setiap saat, ada hambatan untuk pertumbuhan. Biasanya ada satu hambatan besar di salah satu dari empat langkah ini. Ini untuk para pendiri untuk mencari tahu yang mana itu.

Kadang-kadang uang tunai yang berarti Anda mungkin perlu dana. Tapi uang bukanlah jawaban untuk semua masalah. Jika Anda memiliki budaya yang salah, menarik orang yang salah, mendapatkan uang investor untuk mempekerjakan lebih banyak orang hanya akan membuat masalah Anda semakin besar.

Jika kekuatan eksekusi Anda lemah, lebih banyak uang berarti Anda hanya akan membakarnya tanpa menyadari hasil yang Anda kejar. Membesarkan atau scale up startup adalah tentang disiplin. 

Ini tentang menciptakan budaya, struktur, kejelasan, dan fokus yang kuat untuk semua orang yang bekerja di perusahaan Anda. Uang tidak membawa itu secara otomatis. Kewirausahaan yang kuat tidak. 

Sebagai seorang pendiri, saya pikir penting untuk merenungkan hal di atas. Untuk menggunakan kisah Bukalapak, Grab, dan IPO GoTo untuk memutuskan apakah itu benar-benar jalan Anda. 

Baca Lebih Lanjut: Temukan Metode Scaling Up yang Tepat Untuk Pertumbuhan Startup Anda

Layanan Scaling Up yang Tepat untuk Pertumbuhan Startup Anda

Apakah IPO GoTo untuk scale up bisa dijadikan acuan bagi startup lain? Tergantung. Berbicara tentang scale up bukan hanya tentang uang. Scale up adalah tentang prioritas yang kuat, arah yang jelas, dan eksekusi tanpa henti.

Setiap startup memiliki situasi dan latar belakang yang berbeda, tetapi ada prinsip universal yang dapat dibangun oleh setiap perusahaan. Kerangka scale up (sebelumnya disebut kebiasaan Rochefeller) membantu para pemimpin memahami ‘bahan-bahan’ yang menghasilkan pertumbuhan. Itu membuat semua orang berada pada ‘halaman yang sama’, membantu mendapatkan orang yang tepat di kursi yang tepat. 

Ingin tahu tentang bagaimana program scaling up Ekipa dapat membantu startup Anda mencapai pertumbuhan eksponensial? Anda dapat meminta sesi perencanaan roadmap 2 jam GRATIS dengan para entrepreneur dan coach kami yang berpengalaman. 

Dalam sesi 2 jam ini, kami membantu Anda menciptakan kejelasan tentang dasar-dasar scale up startup. Kami melihat 4 keputusan yang harus Anda buat: uang tunai, orang, strategi, dan eksekusi.

Waktu dua jam yang Anda habiskan bersama kami tak akan pernah rugi dan justru memberikan petunjuk terang tentang bagaimana memulai program scale up startup Anda.

  • 00Days
  • 00Hours
  • 00Minutes
  • 00Second
  • 00Days
  • 00Hours
  • 00Minutes
  • 00Second
Need help? Talk to us