fbpx

Berencana Start Agile? Kamu Wajib Baca Buku-Buku Ini!

Akhir-akhir ini perusahaan berlomba-lomba untuk mendigitalisasikan layanannya. Itu artinya mereka memulai inovasi. Inovasi yang baik terjadi apabila perusahaan menjadi agile dalam menghadapi setiap tantangan di depan. Sehingga wacana start agile menjadi wacana yang terus digaungkan. Tak jarang perusahaan menggandeng pihak ketiga seperti agile coach untuk membantu inovasi agile di perusahaannya.

Start agile atau memulai agile apakah hal yang sulit? Sebenarnya bukan hal yang sulit apabila seluruh anggota dan stakeholder perusahaan memiliki pemahaman yang sama tentang agile. Sayangnya terkadang pemahaman orang-orang di perusahaan bisa berbeda-beda terkait agile.

Perusahaan yang memang benar-benar niat untuk melakukan transformasi, tapi tidak tahu harus mulai dari mana biasanya akan langsung bekerja sama dengan perusahaan konsultan agile seperti Ekipa untuk membantu mereka. Namun, bagaimana jika perusahaan kamu belum tergerak untuk memulai agile di perusahaan, padahal kamu melihat bahwa jika perusahaan tidak bergerak menjadi lebih agile maka masa depan perusahaan tak terlihat lagi hilalnya.

Baca Juga: Apakah Organisasi Anda Siap Untuk Berinovasi?

Buku yang Wajib Kamu Baca Sebelum Start Agile

Untuk sobat agile yang perusahaannya belum berencana untuk memulai agile, mengapa tidak kamu memulai terlebih dahulu untuk memiliki pemahaman mendalam tentang agile terlebih dahulu.

Setelah kamu punya pemahaman tentang agile, kamu bisa mulai menjadi influencer di perusahaan untuk mengenalkan bahwa agile penting bagi perusahaan. Nah, kali ini Ekipa akan memberikan dua rekomendasi ebook agile yang wajib kamu baca. Ebook ini ditulis sendiri oleh agile coach Ekipa.

Apa saja buku yang wajib kamu baca sebelum memulai transformasi agile? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Ebook Start Agile Karya Hugo Messer

Ebook Agile

Tahun ini Founder dari Ekipa yakni Hugo Messser meluncurkan ebook pertamanya. Beliau menuliskan ebook ini khusus diperuntukkan bagi yang ingin mengenal agile atau bagi yang sudah kenal agile tapi ingin mendalaminya lebih dalam lagi.

Dalam ebook start agile yang jumlah halamannya berjumlah 144 halaman akan membahas berbagai topik seperti transformasi, leadership, pembahasan tentang agile dan scrum beserta komponen yang ada di dalamnya, Kanban, cara membuat keseluruhan organisasi menjadi agile, dan cara memulai inovasi.

Wah pembahasannya menarik, bukan? Ebook ini ditulis dalam bahasa Inggris, tapi tenang bahasa Inggrisnya sangat mudah dipahami. Menariknya lagi ebook start agile ini dibagikan gratis oleh Ekipa, bahkan ada bonusnya, lho. Kamu bisa mendapatkan satu sesi gratis selama satu jam untuk ngobrol bersama agile coach.

2. Scrum Self Study, Persiapan Ujian Sertifikasi Scrum Master Karya Ugeng Wijaya

Scrum Self Study, photo by bukalapak

Buku berikutnya berjudul Scrum Self Study karya Ugeng Wijaya, agile coach Ekipa. Sebuah buku yang bisa dipelajari untuk persiapan ujian sertifikasi Scrum Master.

Buku ini sungguh menarik dan kamu bisa betah membacanya. Memang kenapa? Buku ini dikemas dengan begitu menarik. Isinya pun dibuat berwarna-warni dengan ilustrasi lucu dan infografis yang menarik.

Buku ini membahas tentang kenapa agile penting, penjelasan tentang scrum yang merupakan kerangka agile paling populer, pengenalan tentang sertifikasi scrum master, dan soal latihan beserta pembahasan tentang ujian sertifikasi scrum master.

Buku ini sangat mudah dipahami karena ditulis dengan bahasa yang enak. Kamu pun jadi mengerti sekilas bagaimana ujian scrum master berlangsung. Agar pengetahuanmu tentang agile lebih mendalam maka setelah membaca buku Scrum Self Study, kamu bisa lho untuk ikutan Ujian Sertifikasi Scrum Master yang diadakan oleh Ekipa.

Baca Juga: Kenalan dengan Scrum, Strategi Jitu Kembangkan Produk Seefektif Mungkin

Akhir Kata

Nah, itulah dua buku rekomendasi yang wajib kamu baca sebelum merencanakan start agile. Buku menjadi jendela yang akan memberikan kamu pengetahuan luas. Maka jangan sampai lelah untuk membaca buku ya.

Oh, ya, untuk ebook start agile Ekipa akan menyelenggarakan event bedah buku yang pematerinya adalah penulisnya langsung yakni Hugo Messer, Founder Ekipa. Nah, sebelum ikut event bedah bukunya, jangan lupa untuk mengunduh ebooknya terlebih dulu ya.

Happy Reading!

Open chat