fbpx
  • 00Hari
  • 00Jam
  • 00Menit
  • 00Detik

Bagaimana Cara Membuat Inovasi dari Ide Sederhana? [Part 2]

Sekarang Anda sudah punya ide untuk dijalankan, ini saatnya untuk mengeksekusi ide Anda.

Pertanyaan saya, pernahkah Anda mendengar seseorang yang mengatakan bahwa mereka memiliki ide untuk menciptakan Facebook sebelum Marck Zuckenberg mewujudkan Facebook seperti sekarang ini?

Atau Anda memikirkan untuk menciptakan platform e-commerce bertahun-tahun sebelum Tokopedia diluncurkan?  Apakah Anda bisa menemukan perbedaan mereka dengan orang-orang yang telah mewujudkannya?

Jawabannya adalah karena mereka berhasil mengeksekusinya. Mereka berpikir, “Ayo kita lakukan.” 

Mereka menyingsingkan lengan baju mereka dan memulai. Mereka mengambil resiko, keluar dari pekerjaannya. Mereka membuang semua alasan mereka untuk tidak melakukannya. Ini bukan tentang ide Anda, tapi tentang eksekusi Anda. 

Inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengeksekusi ide Anda.

1. Buatlah Daftar Prioritas Anda

Berjalanlah di pantai, bersepeda, berkumpul dengan rekan-rekan Anda dan biarkan pikiran Anda memikirkan aktivitas apa yang dibutuhkan untuk mewujudkan ide Anda menjadi kenyataan. Segala yang perlu Anda butuhkan untuk dilakukan, tulislah!

Kemudian pikirkan tentang hal paling penting untuk menciptakan masa depan. Hal apa yang paling penting untuk mewujudkan ide Anda menjadi kenyataan? Ingatlah bahwa mendapatkan pelanggan seharusnya menjadi sudut pandang utama dalam menjawab pertanyaan tersebut. 

Jika Anda memikirkan tentang hukum atau tugas administratif, buatlah daftarnya tapi jangan membuat label bahwa hal tersebut penting. Sekarang dari daftar tersebut, pilihlah satu hal yang akan memberikan pengaruh paling tinggi dalam mengeksekusi ide tersebut.

2. Ambil Langkah Pertama

Lakukan satu hal yang Anda daftarkan pada langkah pertama. 

Berhenti untuk mencari banyak alasan. Jangan berpikir tentang mengapa itu tidak bisa terjadi. Jangan pikirkan hasilnya.

Jangan pikirkan pendapat orang lain. Jangan berpikir lebih dari yang Anda lakukan pada langkah pertama. Anda hanya perlu melakukannya. Just do it!

3. Teruslah Melangkah 

Sekali Anda telah mengambil langkah pertama, ambil langkah selanjutnya (satu hal selanjutnya di dalam daftar prioritas Anda). Selanjutnya teruslah bergerak, teruslah mengambil langkah-langkah selanjutnya.

Jika pada suatu kesempatan, Anda tidak tahu apa lagi langkah selanjutnya adalah mengulangi langkah pertama seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berbicara kepada orang lain baik rekan kerja, mentor, atau pun teman. Itulah yang akan memberikan anda satu hal selanjutnya dan melalui siklus itu kembali. 

Dunia ini bahkan pikiran Anda akan terus melemparkan masalah pada Anda. Temukan cara untuk berinteraksi dengan masalah ini dan dapatkan ide-ide baru.

Nikmati proses. Nantikan tantangan selanjutnya atau benci proses. Mungkin Anda merasa depresi karena semua masalah yang terjadi. Apapun pikiran dan emosi yang sedang melanda Anda, tentu saja kuncinya adalah terus bergerak.

Anda mungkin akan berpikir bahwa saya tak akan melanjutkan pada satu titik. Justru saat itulah Anda perlu melanjutkannya.

Ambil langkah selanjutnya dan terus bergerak sampai ide Anda bekerja. Jika Anda sedang mencoba pendekatan baru (perubahan kecil pada ide asli atau poros ke beberapa ide baru). Nantinya hanya ada satu hasil yang mungkin dan pada akhirnya itu akan berhasil.

Berhenti Hanya Terus Memikirkannya, Ini Saatnya Anda Perlu Mengeksekusinya!

Setelah Anda tahu cara mengeksekusi ide, apa yang Anda tunggu untuk segera mengeksekusinya? Seribu alasan akan selalu datang mencegah Anda mengeksekusi ide.

Cara untuk mencegah seribu alasan tersebut adalah dengan terus bergerak dan melakukan ide Anda. Just do it!

Ingat! bahwa seberharga atau sejenius apapun ide Anda, tak akan ada artinya kalau Anda tidak mengeksekusinya.

Jika Anda butuh partner atau program untuk membantu Anda konsisten dalam menemukan ide dan juga mengeksekusinya maka Ekipa punya program 7 Day Agile Habits Challenge.

Spesial buat Anda yang membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan diskon 50% OFF sebelum resmi kami launching.

Tunggu apalagi, sekarang bukan saatnya lagi hanya terus memikirkan dan membayangkan ide Anda terwujud. Jangan biarkan orang lain yang lebih dulu mewujudkan ide-ide Anda. Anda sendirilah yang perlu mewujudkannya.

Mari bergerak! Mari eksekusi!

Mendefinisikan Ulang Makna Inovasi

Orang selalu melihat inovasi sebagai sebuah hal yang “wah”, entah teknologi terbaru, gadget terbaru, ide paling brilian. Padahal makna inovasi tak sepenuhnya seperti itu. Lantas

Read More »
Open chat