fbpx

Scrum Master 101 : Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Scrum Master

Ekipa.co– Tahukah Anda bahwa menurut World Economic Forum (WEF) tahun 2020 Scrum Master menjadi sebuah pekerjaan atau skill baru yang sangat dibutuhkan oleh dunia kerja yang terus berkembang?

Selama teknologi terus berkembang apalagi sekarang ini banyak bermunculan startup dengan teknologi sebagai produk unggulan maka selama itulah Scrum Master dibutuhkan.

Semakin banyak startup teknologi bermunculan, maka kompetisi menjadi semakin ketat. Ketika persaingan ketat, siapa yang lebih cepat masuk ke pasar dan memberikan nilai kepada user.

Di situlah Scrum master berperan, kehadiran Scrum Master akan memastikan proyek pengerjaan produk atau perangkat lunak benar-benar mengaplikasikan kerangka kerja Scrum agar produk bisa segera bisa masuk ke pasar dan dirasakan manfaatnya oleh user.

Nah, siapa sebenarnya Scrum Master, bagaimana perannya dalam perusahaan, dan apa saja keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang professional Scrum Master? Anda akan menemukan jawabannya pada penjelasan di bawah ini.

Apakah itu Scrum Master?

Bila Anda masih baru atau baru akan memulai perpindahan karir dalam dunia IT, maka istilah Scrum Master akan menjadi istilah baru. Jangan khawatir, kita akan membahasnya di sini. Siapakah Scrum Master itu?

Secara sederhana Scrum Master adalah orang yang menguasai tentang Scrum. Itulah kenapa disebut Scrum Master.

Kalau penjelasan lebih panjangnya Scrum Master adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan berjalannya nilai-nilai agile dan kerangka kerja Scrum dalam sebuah proyek.

Scrum Master akan membantu tim melakukan eksekusi proyek dan memfasilitasi Scrum Event dalam sebuah tim seperti rapat stand-up harian, rapat perencanaan Sprint, demo, Sprint Retrospective, dan sebagainya.

Kehadiran Scrum Master dalam sebuah tim di sebuah proyek membantu tim untuk saling meningkatkan kerja sama satu sama lain, akuntabilitas sesama anggota tim, dan mengambil tanggung jawab.

Apa itu Scrum?

Jika Scrum Master adalah orang yang ahli mengenai Scrum, lantas apa itu Scrum?

Scrum adalah kerangka kerja agile yang sangat populer akhir-akhir ini. Perusahaan atau organisasi yang melakukan transformasi agile kebanyakan akan menggunakan Scrum dalam proses mereka bekerja.

Scrum memiliki ciri khas akan kesederhanaanya. Cara kerja Scrum memungkinkan kita untuk bekerja dengan jauh lebih mudah dan tidak perlu ribet.

Scrum mempertemukan dan menjadi penyeimbang antara bekerja ‘semau Anda’ dengan bekerja ‘menggunakan petunjuk’.

Hal yang membuat orang menyukai kerangka kerja Scrum ini adalah memberikan orang atau tim kejelasan tentang apa yang perlu dilakukan dan apa yang menjadi fokus utama untuk dikerjakan oleh tim.

Untuk penjelasan tentang Scrum lebih lanjut, kita sudah pernah membahasnya dalam artikel kami yang berjudul Scrum: Strategi Jitu Kembangkan Produk.

Pekerjaan & Tugas Scrum Master

Apa saja yang dilakukan oleh Scrum Master dalam kesehariannya?

Ada penjelasan sederhana yang menggambarkan apa saja pekerjaan dan tugas Scrum Master di sebuah proyek. Penjelasan ini digambarkan secara sederhana oleh Roman Pichler. Berikut ini empat tugas besar dari Scrum Master yaitu:

  1. Scrum Master akan menjelaskan konsep agile dan apa itu Scrum kepada para stakeholder yang ada di perusahaan.
  2. Memberikan saran dan menjadi coach bagi Product Owner terkait bagaimana cara terbaik untuk berkolaborasi dengan orang-orang yang terlibat dalam tim.
  3. Memfasilitasi perubahan yang terjadi dalam sebuah perusahaan.
  4. Menjadi coach bagi tim development. Sebagai seorang coach, Scrum Master akan memfasilitasi tim development untuk memilih pekerjaan yang mereka bisa komitmen di dalamnya dan membantu mereka untuk mengerjakannya.

Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh Scrum Master?

Untuk Anda yang ingin menjadi Scrum Master dan memberikan kontribusi terbaiknya di perusahaan maka perlu untuk memahami betul tentang bagaimana pentingnya peran mereka.

Tak hanya sekedar paham luar dalam terkait kerangka kerja Scrum, tapi juga bisa mengimplementasikan dengan konteks yang terjadi pada organisasi atau perusahaan. Nah, konteks ini tentunya berbeda satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Ada kemampuan utama yang penting untuk Scrum Master miliki, apa sajakah kemampuan utama itu?

  1. Milikilah Empati. Karena Scrum Master bekerja layaknya seorang leader, maka penting sekali untuk terus menumbuhkan rasa empati kepada anggota timnya. Bahkan Scrum Master akan bertemu dengan orang dari berbagai level posisi. Untuk itu Scrum Master perlu punya pemahaman tentang apa yang menjadi motivasi bagi seseorang dalam melakukan sesuatu. Mengasah empati ini berarti mengasah kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada posisi orang lain. Dengan adanya simpati membuat Scrum Master dapat menciptakan hubungan positif dan bisa membuat Scrum bekerja pada beberapa level yang berbeda.
  2. Miliki Kemampuan untuk Memberikan Pelatihan (Training) dan Menjadi Seorang Coach. Kita telah tahu bahwa tugas utama seorang Scrum Master adalah memberikan pemahaman terkait Scrum pada seluruh stakeholder yang ada di perusahaan. Sehingga Scrum Master perlu membekali diri untuk bisa menjadi pelatih dan memberikan pelatihan agar semakin banyak orang yang paham tentang penggunaan Scrum dan memahami perannya dalam Scrum.
  3. Memiliki Kemampuan untuk Mengatasi Masalah (Problem Solver). Dengan memiliki empati maka Scrum Master akan mengetahui apa saja masalah yang sedang dihadapi oleh Product Owner, Stakeholder, Developers, Designer, bahkan pemilik perusahaan. Ketika Scrum Master mengetahui apa saja masalah mereka maka ia perlu hadir berperan untuk menjadi seorang pemecah masalah dan memberikan solusi yang bisa membantu untuk memecahkan masalah tersebut.
  4. Paham tentang Teknologi. Sebagian besar waktu Scrum Master akan dihabiskan bertemu dengan tim developers. Oleh karena itu, penting untuk mengerti tentang bagaimana dunia seorang developers. Scrum Master akan lebih dihargai oleh tim ketika ia bisa menyelesaikan hambatan-hambatan yang sedang dihadapi oleh tim developers.

Itulah empat kemampuan utama yang perlu dimiliki oleh seorang Scrum Master. Untuk kemampuan lainnya ada beberapa yang bisa Anda asah. Apa sajakah itu? Berikut ini kemampuan yang perlu Anda asah juga agar menjadi seorang Scrum Master yang berkualitas.

Berikut ini Top 10 Scrum Master Skills yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang dilansir dari Ziprecruiter:

Skill yang Dibutuhkan PerusahaanProsentase
Kemampuan Memfasilitasi17,39%
Kolaborasi13%
Kemampuan Teknis10,20%
Auto Delivery10,10%
Inovasi9,71%
Jira9,14%
Project Management8,42%
Software Development8,18%
Mentoring7,34%
Kemampuan Komunikasi6,53%
Top 10 Scrum Master Skills yang dibutuhkan perusahaan

Gaji Scrum Master di Indonesia

Apakah Anda penasaran berapa gaji yang didapatkan oleh seorang Scrum Master? Tentu besarannya berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaannya.

Dalam artikel ini akan kami sebutkan gaji berdasarkan sumber Salary Predict yang mengumpulkan data langsung dari karyawan di Indonesia.

Menurut data dari Salary Predict, gaji kotor rata-rata Scrum Master di Indonesia adalah berkisar pada angka Rp348.340.120 per tahun. Dengan rata-rata rate per jamnya adalah Rp167.471.

Gaji tersebut belum termasuk bonus yang mereka dapat. Rata-rata Scrum Master mendapat bonus pada kisaran angka Rp9.355.515.

Lantas berapa gaji Scrum Master yang masih termasuk entry level? Untuk Scrum Master yang baru memiliki pengalaman kerja 1-3 tahun rata-rata gajinya selama satu tahun adalah Rp255.182.023.

Untuk Scrum Master yang sudah memiliki pengalaman lebih dari delapan tahun atau bisa disebut Senior Scrum Master maka rata-rata gajinya selama satu tahun adalah Rp433.917.111

Dengan besaran gaji yang ditawarkan apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang Scrum Master?

Jadi Profesional Scrum Master dengan Sertifikasi Scrum Master Ekipa

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Scrum Master adalah karir yang Anda impikan selama ini? Apakah Anda memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi Scrum Master?

Jika iya, pernahkah Anda mempertimbangkan untuk mengambil sertifikasi Scrum Master? Apakah penting sertifikasi Scrum Master ini? Tentunya penting untuk mengetahui seberapa luas pemahaman Anda tentang Scrum.

Kalau Anda ingin menunjukkan seberapa luasnya pemahaman Anda tentang Scrum selain terjun langsung untuk mendapatkan pengalaman maka mendapatkan sertifikasi dari lembaga yang telah memiliki kredibilitas tinggi menjadi nilai plus.

Banyak juga sekarang Scrum Master yang terus memburu untuk mendapatkan gelar sertifikasi dari lembaga kredibel dunia.
Lantas adakah sertifikasi Scrum Master yang diadakan oleh lembaga kredibel di Indonesia? Tentunya ada, Ekipa lah jawabannya.

Ekipa telah memberikan gelar sertifikasi kepada ribuan orang dan sertifikasi dari Ekipa ini diakui oleh banyak perusahaan besar di Indonesia.

Bagi Anda yang baru saja mengenal Scrum dan ingin berpindah haluan karir menjadi Scrum Master, maka Indonesia Scrum Master Level 1 (ISM1) course & certification akan menjadi nilai tambah Anda ketika melamar sebuah perusahaan.

Indonesia Scrum Master Level 1 (ISM1) course & certification juga cocok untuk Anda yang ingin membuktikan pengetahuan Anda terkait Scrum.

Untuk Anda yang sudah terjun langsung sebagai seorang Scrum Master selama minimal dua tahun maka Indonesia Scrum Master Level 2 (ISM2) course & certification cocok untuk Anda.

Sertifikasi ISM2 ini baru saja diluncurkan dan jika Anda ingin mengikuti sertifikasinya bisa untuk mengisi waiting list terlebih dahulu dalam formulir terlebih dahulu.

Apa yang membedakan sertifikasi Scrum Master dari Ekipa dengan lembaga yang ada di luar negeri?

Tentu berbeda, sertifikasi yang diadakan oleh Ekipa sudah diakui oleh banyak perusahaan besar di Indonesia.

Kemudian sertifikasi dari Ekipa ini dibuat berdasarkan konteks yang ada di Indonesia, dan tentunya harganya sangat terjangkau di kalangan masyarakat Indonesia.

Jadi, sudah siapakah Anda menjadi seorang Scrum Master profesional nan kredibel?

Jika Anda membutuhkan referensi untuk tahu sekilas tentang Agile dan Scrum, Anda bisa membaca Ebook Start Agile karya Founder Ekipa, Hugo Messer. Untuk mendapatkannya Anda bisa mengisi formulir di bawah ini:

Open chat
Need help? Talk to us