fbpx

Waktunya Menjadi Scrum Master dan Produk Owner Bersertifikasi

Transformasi digital sudah menjadi keharusan saat ini, apalagi akibat pandemi Covid-19 yang menimpa dunia dan khususnya Indonesia. Berbagai bisnis harus beradaptasi dengan situasi yang tak menentu seperti sekarang ini. Pilihannya cuma dua, mencoba bertahan atau memilih berinovasi untuk kedepannya.

Namun, untuk melakukan keduanya tidaklah mudah. Kenyataannya tantangan terbesar untuk melakukan tranformasi ada di sumber daya manusianya. Bisa dibilang mayoritas perusahaan masih mengunakan pendekatan organisasi yang berhirarki dan terkotak-kotak. Akibatnya, untuk melakukan sebuah perubahan atau bahkan inovasi bisa memakan waktu yang sangat lama.

Salah satu solusinya adalah merubah pola pikir sumber daya manusia tersebut, mindset yang populer sekarang ini adalah Agile. Perusahaan sudah semestinya menerapkan Agile khususnya dengan kondisi sekarang ini. Prinsip dan manifesto Agile sangat pas untuk menghadapi perubahan dan kondisi yang tidak pasti seperti saat ini.

Tentunya, teman-teman pernah mengenal Scrum, salah satu kerangka kerja Agile yang sangat populer, khususnya untuk pengembangan sebuah produk digital. Mayoritas startup atau perusahaan yang berinovasi secara digital umumnya saat ini menggunakan Scrum sebagai kerangka kerja mereka.

Akibatnya, kebutuhan akan seseorang yang paham penerapan Scrum pun semakin meningkat biasanya posisi ini disebut Scrum Master atau Agile Coach. Peran dari posisi ini adalah mempersuasi tim dan stakeholder untuk menerapkan Scrum serta menjaga nilai-nilai dari Agile dan Scrum diterapkan secara maksimal.

Kebutuhan dan lowongan pekerjaan terkait posisi ini semakin meningkat dari hari ke hari, selain Scrum Master juga ada posisi Product Owner yang juga kebutuhan meningkat seiring dengan banyaknya pengembangan produk digital.

Sebagai, langkah awal menjadi Scrum Master atau Product Owner, biasanya kita dapat bereksperimen dengan proyek kecil atau mengikuti pelatihan sekaligus mengambil sertifikasi profesi Scrum Master. Kebetulan di Ekipa sendiri, sebulan lalu kami baru mengenalkan dua produk terbaru Online Course di Udemy, yaitu: Menjadi Scrum Master Bersertifikasi dan Menjadi Scrum Product Owner Bersertifikasi.

Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi Scrum Master atau Product Owner bersertifikasi, kebetulan kami dari Ekipa sedang memberikan discount 20% untuk online course Scrum Master dan Product Owner di Udemy dengan kode AGILEINAJA.

Untuk sertifikasi saja, silakan cek https://www.loket.com/event/ism-ispo-nov

Agile Tips: Create Accountability and Self Organization

One of the ideals in an Agile organization is self-organization. We want to empower people to make their own decisions. We expect people to set their own priorities, get them done and keep us updated. In short: as leaders, we want our teams to keep us ‘comfortable’.

Read More »

Breaking Down Walls to Foster Agility

During 2020, I’ve been engaged in several larger transformations in Indonesia. Most companies focus on creating digital innovation. To achieve this, they create new ways of working and structures to become more agile. Agile is the ‘engine’ to create new products on services.

Read More »
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn